Blog Archive

Contact Me

Name

Email

Message

Created by Templates Zoo

Buku Tahunan Sekolah Malang

Tips Mudah Membuat Buku Tahunan Sekolah / Yearbook


Tips Mudah Membuat  Buku Tahunan Sekolah / Yearbook
Tips buku tahunan
Tips Membuat  Buku Tahunan Sekolah – nah sobat kreatif, kali ini kita akan memberikan beberapa tips membuat butu tahunan sekolah yang gampang. Ini menurut pengalaman sih. Soalnya jangan sampai sobat kreatif terganggu waktunya karena jadwal diakhir sekolah begitu padat. Sobat kreatif harus memikir persiapan ujian nasional, memilih pendidikan lanjutan, wisuda, belum lagi jika sobat kreatif menjadi pengurus – pengurus kegiatan disekolah. Bisa berantakan kan.. ?
Udah hampir tiga tahun nih sobat kreatif melewati masa- masa sekolah. Banyak hal yang akan menjadi memori ketika sobat kreatif lulus nanti. Banyak suka duka yang udah kalian lewati, seru seruan dikantin sekolah, ngerjakan PR dikelas, dipanggil kesiswaan, diajar guru killer, berantem dengan teman, kisah cinta yang tak berujung, dan banyak hal – hal yang akan menjadi memori indah dimasa mendatang.
Mungkin setelah sobat kreatif lulus nanti, bakalan sibuk dengan perkuliahan kalian, sibuk dengan tugas – tugas, sibuk dengan teman baru kalian, belum lagi bagi kalian yang ingin melanjutkan perkuliahan diluar kota. Bakal ga sempet mengenang masa indah di SMA dong. Mungkin juga memori – memori indah masa sekolah bisa hilang begitu saja. Namun suatu saat, kalian akan rindu dengan masa SMA dahulu. Nah tentunya kalian akan membutuhkan sesuatu yang bisa mengingat masa – masa indah disekolah. Salah satunya buku tahunan sekolah.
Buku tahunan sekolah merupakan buku yang berisi foto dan data siswa serta profile sekolah dalam bentuk media cetak yang digunakan sebagai cindera mata atau buah tangan setelah kelulusan siswa. Fungsi lain dari buku tahunan sekolah ini juga dapat media silaturahmi antar alumni sekolah BACA ARTIKEL LENGKAP

Sobat kreatif, kita akan membagikan beberapa tips mudah membuat dan menyusun buku tahunan sekolah berdasarkan pengalaman kita dalam membuat buku tahunan sekolah. Mudah kok dan tidak banyak menyita waktu kalian.

1. Mendata isian buku tahunan sekolah.
Dalam mendata buku tahunan sekolah, sobat kreatif bisa membuat daftar isi buku tahunan sekolah seperti, Data Profile Sekolah, Profile guru dan staf sekolah, data siswa kelas 12 dan juga informasi – informasi penting lainnya.
Sobat kreatif bisa membuat print out seperti form isian yang nantinya akan dibagikan ke setiap personal seperti kepala sekolah, guru, staf dan siswa. Form tersebut berisikan tentang identitas siswa, seperti nama, tempat tanggal lahir, motto, dan lain – lain. Hal ini untuk mempermudah pendataan dan input untuk konten buku tahunan sekolah.
Tunjuk satu perwakilan siswa tiap kelas untuk mengkoordinir pembagian dan pengumpulan data dikelasnya masing – masing. Berikan tenggang waktu dalam pengisian form tersebut. Misalkan 2 hari. Kemudian siswa yang telah ditunjuk mengetik hasil data tersebut. Dan kemudian dikumpulkan ke penanggung jawab pembuatan buku tahunan sekolah.
Tak kalah pentingnya lagi, agar dalam pengisian data siswa tidak terjadi kesalahan. Perlu adanya koreksi ditiap – tiap kelas serta data guru dan staf.
Nah untuk isian buku tahunan sekolah bukan hanya berupa profile saja, namun bisa mengumpulkan foto – foto mulai awal masuk sekolah. Misalnya ketika Ospek, study tour, kegiatan dikelas, dikantin, kegiatan pramuka, kegiatan – kegiatan yang menarik yang akan ditampilkan di buku tahunan sekolah.

 2.   Menentukan konsep dan tema buku tahunan sekolah
Kalau jaman dulu buku tahunan sekolah masih berupa data siswa saja. Bentuk fotopun masih jadul, kayak foto KTP hehehe. Tapi coba sobat kreatif membuat konsep buku tahunan yang berbeda. Konsep adalah hal penting yang sering terlupakan. Tentunya Konsep yang bagus akan menjadikan buku tahunan sobat kreatif menjadi terlihat lebih menarik. membuat konsep buku tahunan sekolah yang jelas akan mempermudah panitia dalam menentukan tampilah buku tersebut.
Sobat kreatif bisa membuat kuisioner dan dibagikan kepada seluruh siswa sekolah. Kemudian dirapatkan bersama. Atau lebih gampangnya lagi nih, sobat kreatif bisa meminta bantuan vendor atau pihak jasa pembuatan buku tahunan sekolah yang berpengalaman untuk mengkonsepkan buku tahunan sekolah dengan tema yang baik dan menarik. mungkin juga ada ide ide liar konsep buku tahunan sekolah. Jangan lupa sobat kreatif juga harus memikirkan dress code untuk proses foto.

3. menentukan spesifikasi buku tahunan sekolah
Dalam menentukan spesifikasi buku tahunan sekolah, mulailah dengan menentukan jumlah halaman yang akan dibuat. Seperti sambutan kepala sekolah, profile guru, halaman tiap kelas, foto kenangan waktu sekolah serta informasi – informasi lainnya yang akan ditampilah di buku tahunan sekolah.
Dan sobat kreatif juga harus tentukan finishing buku tahunan sekolah. Bentuk finishing ini bisa berupa jenis kertas yang akan digunakan, ukuran buku, jenis cover, packaging dan mungkin juga fitur – fitur lainnya.

 4. Buat timeline pengerjaan
Menyusun timeline pengerjaan memang tidak mudah, karena dalam timeline tersebut akan berbenturan dengan kegiatan – kegiatan sekolah lainnya. Tapi cobalah sobat kreatif tulis terlebih dahulu kegiatan apa saja yang akan dikerjakan.
Alangkah baiknya sobat kreatif dalam menyusun timeline dikerjakan ketika sobat masih semester awal kelas 12. Karena disemester akhir sobat kreatif akan disibukkan dengan ujian sekolah, ujian nasional, ujian praktek, bimbingan belajar, kegiatan wisuda, promnite. Padat bukan. Makanya mumpung diawal semester kegiatan sobat kreatif masih belum banyak. Bisa dicicil mulai awal. Jadi pas menjelang akhir sekolah, sobat kreatif bisa focus menghadapi ujian dan memilih pendidikan lanjutan.

5. Jadwal sesi photoshoot
Kumpulkan semua perwakilan kelas yang sudah dibentuk. Jangan melibatkan banyak siswa dalam menentukan tema foto kelas. Karena keinginan tiap siswa akan berbeda. Dan sebelum menentukan jadwal sesi photoshoot, alangkah baiknya tema tersebut dibicarakan di tiap- tiap kelas. Berikan beberapa pilihan dan tempat untuk proses photoshoot.
Carilah contoh – contoh tema foto buku tahunan sekolah di internet atau meminta bantuan vendor atau penyedia jasa pembuatan buku tahunan sekolah untuk menyediakannya. (contoh tema buku tahunan sekolah: music, vintage, camp, at school, rider, shoping dll). Dan tiap kelas wajib untuk memaikai dresscode tiap tema yang telah ditentukan.
Cari dan pilihlah tempat untuk foto buku tahunan sekolah yang tidak terlalu jauh dan memakan biaya besar, kecuali atas kesepakatan bersama. Karena akan membutuhan biaya ektra dalam pembuatannya. Belum lagi biaya – biaya yang dikeluarkan siswa diluar pembuatan buku tahunan sekolah.

 6.  Desain dan Cetak Buku tahunan sekolah
Ini nih tahapan terakhir yang mungkin tidak bisa dikerjakan sobat sendiri. Waktu dalam mendesain dan mencetak membutuhkan waktu yang lama. Pastinya akan mengganggu waktu kegiatan sekolah. Alangkah baiknya serahkan proses tahapan ini kepada pihak luar. Seperti Iqilo Creative Malang. Yang menyediakan jasa pembuatan Buku Tahunan sekolah yang berpengalaman dengan konsep – konsep unik. Belum lagi sobat kreatif akan mendapatkan penawaran menarik dan bonus – bonus lainnya, seperti video teaser, souvenir, dll. Menarik bukan. Sobat kreatif tinggal kontak admin saja, atau klik kontak yang ada di website kita. Iqilocreative.com
Selamat berkreasi sobat. Jadikan moment sekolahmu lebih bermakna dengan Iqilo Creative.

No comments

Post a Comment